Home


RPP Bahasa Inggris Kelas IX sem 1  

eksplorasi, elaborasi, konfirmasi 

SMPN 4 Kec. Payakumbuh

---------------------------------------------------------------------------------------------
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran           : Bahasa Inggris
Kelas / Smt                  : IX/ 1
Alokasi waktu              : 2 x 40 menit
Jumlah Pertemuan      : 1
Satuan Pendidikan      : SMP N 4 Kec.Payakumbuh
Tahun Pelajaran          : 2010/2011


 STANDAR KOMPETENSI:
1.      Membaca
Memahami makna teks tulis fungsional pendek sederhana berbentuk ’surat pribadi’ untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
2.      Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana berbentuk ’surat pribadi’ untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
 KOMPETENSI DASAR
1.  Membaca
F     Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana dalam bentuk surat pribadi secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
2. Menulis
F     Mengungkapkan makna dalam teks bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dalam bentuk surat pribadi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
--------------------------------------------------------------------------------------
2. Kegiatan inti (whilst-teaching activity) (60 Menit)
F     Memberi tahu siswa bahwa mereka akan bekerja dalam kelompok guna memahami  sebuah bacaan dalam bentuk surat pribadi
F     Mengelompokkan siswa yang terdiri dari 5 orang untuk setiap kelompok dan  terdapat satu anak yang lebih pintar guna memandu kelompoknya dalam bekerja

Exploration (Menggali)
F     Memanggil masing-masing ketua kelompok guna memberikan arahan apa yang akan mereka kerjakan dalam kelompok mereka. Dalam kelompok mereka akan:
§               diberi sebuah surat dalam bentuk potongan-potongan bagian dan paragraf
§               memahami potongan demi potongan tersebut bacaan dengan cara membaca dalam hati, menjawab pertanyaan yang diberikan oleh masing-masing ketua dan mengambil kesimpulan.  
----------------------------------------------------------------------



Elaboration ( Pendalaman )
F     Guru memandu siswa untuk menemukan struktur penulisan surat pribadi dengan cara menyuruh mereka menempelkan potongan surat pribadi yang telah disiapkan secara bergiliran berdasarkan pemahaman mereka dalam diskusi kelompok yang telah mereka laksanakan
F     Guru memberikan kesimpulan dengan cara memberikan penjelasan lebih lanjut tentang format surat pribadi/ personal letter:
a.      Alamat pengirim (adress)
b.      Tanggal penulisan surat (the date)
 -----------------------------------------------------------------------------


Confirmation (Penguatan)
F     Guru membagikan selembar kertas koran pada masing-masing kelompok untuk menulis sebuah surat pribadi
F     Guru berfungsi sebagai fasilitator dan motivator dalam memonitor diskusi kelompok 
-----------------------------------------------------------------------------------------
         Mengetahui :                                    Taeh Bukik,  Juni 2009
Kepala SMPN 4 Kec.Payakumbuh,                 English Teacher,
  



              Aziz Marwan, S.Pd.                                      Afdhal, S.Pd.
       NIP.: 195704131979011006                    NIP.: 198307062009011006
Readmore...